Home » » MENGAPA ORANG PILIH PNS ?

MENGAPA ORANG PILIH PNS ?

Written By Unknown on Selasa, 26 Maret 2013 | 22.42



 

MENGAPA ORANG PILIH PNS?



OLEH

NANANG NUGRAHA
Praktisi Dosen STKIP Purwakarta






AGUSTUS 2008 Pemerintah melalui Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara berencana mengangkat Pegawai Negeri sebanyak 300 ribu orang terdiri dari Instansi Pusat 50.000 orang dan Instansi Provinsi/Kabupaten/Kota sebanyak 250.000 orang angka yang cukup Fantastis disaat kondisi ekonomi Negara yang cukup memprihatinkan dn Kinerja PNS belum optimal dan masih terus ditingkatkan melalui penataan kelembagaan dan penataan SDM Aparatur.
Menunggu Pengumuman Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil   ( CPNS ) akhir-akhir ini lebih penting disbanding memberikan masukan/tanggapan pada Daftar Calon Sementara ( DCS ) anggota legeslatif, hal ini menandakan bahwa komunikasi politik tidak berjalan efektif dan masyarakat mulai jenuh akan hangar binger politik, disisi lain DCS yang disosialisasikan KPUD tidak banyak mempresentasikan Riwayat Hidup dan Prestasi Calon Anggota Legeslatif hanya sebatas Foto, Nama dn alamat serta Dapil si calon.
Diberbagai suara umum banyak pesan yang diusung Calon Anggota Legeslatif melalui spanduk yang membentang dipinggir jalan, Baliho, Billboard, surat kabar local manapun belum menunjukan pesan/promosi yang visioner, pesan yang diusung masih bersifat umum dan biasa-biasa saja seperti Mohon Do’a Restu untuk mencalonkan menjadi anggota legeslatif selebihnya menampilkan pigur secara pisik seperti foto diri yang mengesankan berwibawa, berkacamata, berkopiah dan tentu senyum maniis dan lebih memprihatinkan tanggapan masyarakat akan DCS yang diumumkan KPUD dari sumber media massa sangat rendah, kalaupun ada tanggapan kebanyakan dating dari si calon atau partai pengusung atas kesalahan nama, nomor urut  dan alamat saja.
Lain halnya dengan penerimaan CPNS belum ada pengumuman Resmi dari pemerintah Daerah pun sudah banyak masyarakat yang mengurus berbagai persyaratan yang diperlukan untuk pendaftaran CPNS, Instansi yang mengurus Kepegawaian seringkali didatangi masyarakat sekedar bertanya sudah ada atau belum pendaftaran  CPNS, syaratnya apa saja dsb, bahkan yang lebih memprihatinkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab untuk mengambil keuntungan dengan menjanjikan dapat meluluskan yang bersangkutan menjadi CPNS, sehingga untuk tidak mengundang kesalahan sampai beberapa Kepala Daerah menyebarkan Surat Pemberitahuan yang isinya mengingatkan masyarakat untuk tidak mudah terbujuk oleh oknum yang tidak bertanggung jawab tersebut.
Pertanyaan yang seringkali muncul, mengapa MILIH MENJADI PNS? Padahal propesi diluar PNS banyak, lebih baik dan menjanjikan, saling inginnya menjadi PNS terkadang orang melalukan berbagai cara, maka tidak heran apabila musim penerimaan CPNS setiap tahun Rumor yang tidak senang, seringkali muncul kepermukaan, padahal Pemerintah (MENPAN dan BKN) sudh sedemikian rupa mengingatkan bahwa penerimaan CPNS Transfaran, Obyketif, Netral, Akuntabel dan Bebas KKN.
Beberapa alas an orang memilih menjadi PNS :
1.   Mapan secara financial, gaji tetap, tunjangan tetap, saat ini gaji PNS oleh sebagaian orang dianggap tidak kecil dari segi kepastian dimana gaji tersebut akan diterima setiap bulannya, terus menerus tanpa ada pengurangan apapun (kecuali Kredit Bank/Koperasi) karena gai PNS berasal dari  Negara, hal ini belum tentu bagai Pegawai Swasta dimana penerimaan gaji terkadang menjadi molor, dipotong sampai tidak digaji karena berbagai alas an.
2.   Pekerjaan PNS itu ditarget dan ringan, jam kerjanya normal bahkan seorang PNS bisa memiliki waktu lebih, seorang PNS Guru misalnya bias mengatur dan memesan jam kerja mengajar di Sekolah sehingga dalam satu minggu bias menyisihkan satu atau dua hari untuk tidak masuk kelas karena memang tidak ada jam kerja mengajar, berbeda dengan pegawai swasta yang ditentukan, target dan waktu apabila tidak tercapai sanksi dan penurunan gaji sudah didepan mata.
3.   Mapan dihari tua, ada jaminan hari tua berupa dana Pensiun, tanpa harus susah-susah ikut-ikut program asuransi, selain itu karena PNS dijamin oleh Negara, maka seorang PNS tidak mungkin kena PHK kecuali karena mengikuti gerakan terlarang, melakukan tindak criminal sekalipun beberapa hari tidak masuk kerja seorang PNS tetap tidak di PHK, paling-paling juga hanya akan diturunkan pangkat atau jabatannya.
4.   Status social di masyarakat, sekalipun golongan kecil tetap dihormati, disegani dn punya pengaruh.
Dengan bebarapa alas an tersebut di atas, kiranya sudah cukup menjawab bahwa menjadi PNS di Negeri Republik Indonesia menjadi cita-cita dan idaman sebagian besar anaka bangsa, malah tidak menutup kemungkinan Calon Anggota Legeslatif yang sudh marasa tidak akan duduk di lembaga legeslatif, dan aparat desa, Kepala Desa serta orang yang sudah bekerjanya di perusahaan pun yang memenuhi syarat akan mencoba keberuntungan dalam Seleksi CPNS.
Mengakhiri tulisan ini, setidaknta ada dua hal yang perlu diperhatikan :
PERTAMA : Sudah saatnya Pemerintah Daerah menghitung kebutuhan Riil Pegawai dengan analisa beban kerja dan kopetensi serta konsisten menerapkan peraturan dibidang kepegawaian.
KEDUA    : Khusus untuk masyarakat atau siapa saja yang membaca tulisan ini dihimbau untuk tidak terpengaruh atau tertipu oknum yang dapat meluluskan menjadi CPNS dengan meminta imbalan.
Wassalam.

Ditulis Oleh : Unknown ~ Berbagi Design Blogger

Sobat sedang membaca artikel tentang MENGAPA ORANG PILIH PNS ?. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebarluaskan artikel ini, tapi jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya.

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar bijak Anda sangat di nantikan ..Terimakasih.Salam Sukses...

get this widget
Memuat...


Daftar Artikel Gratis

Berlangganan Gratis



 
Support : Fahrezanugraha | Alifa Firmansyah | Team Creatif
Copyright © 2013. Skripsi, Karya Tulis Ilmiah dan bahan Tayang - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger